Pages

Jumat, 25 November 2011

SEMERU, Sebuah Obsesi, Mimpi, Cita-Cita, dan Doa

Gunung Semeru atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.http://id.wikipedia.org/wiki/Semeru.


Itulah pratinjau mengenai Gunung Semeru yang dapat kita googling lewat website wikipedia. Nama Gunung Semeru sendiri tidak terlalu 'wah' di telinga saya, sekalipun saya bergabung di ekskul pecinta alam saat bangku SMA. Saya mulai benar-benar ingin mengenalnya sejak saya membaca novel 5cm karya Donny Dirganthoro. Entah mengapa novel ini benar-benar mampu menghipnotis saya dengan gaya bahasa dan penceritaannya. Absolutely, perjalanan kelima sahabat tersebut menuju puncak MAHAMERU. Saya tidak akan menceritakan isi novel Best Seller ini (karena lebih afdol jika anda membacanya sendiri ^^,).

Membaca novel ini memberikan dampak kurang waras terhadap diri saya. Saya menjadi terobsesi mencicipi perjalanan hati menuju puncak Semeru yaitu MAHAMERU. Entah mengapa, saya sangat-sangat ingin menjejakkan kaki disana, walau rasanya itu sangat sulit mengingat kondisi fisik saya dihadapkan dengan apa yang akan saya lewati nantinya. 3676mdpl...oww, meeenn!! So hard!! Hahaha....sudah tidak pernah jogging maupun latihan fisik. Diawali dengan pemanasan berupa pendakian menuju Gunung Penanggungan 1653mdpl. (yaa...saya anggap pemanasan walau rencana mendaki Gn. Semeru belum terlintas di benak saya). Itu sudah cukup membuat mental dan fisik saya ciut untuk sampai ke puncak Penanggungan. Selang beberapa lama setelah itu, saya memaksa diri menuju Gn. Arjuno dan Gn. Welirang. Sungguh perjalanan yang bodoh menurut saya. Saya sudah cukup payah dengan pendakian Gn. Arjuno yang memakan waktu 3 hari 2 malam tanpa Gn. Welirang. Bisa dibayangkan bagaimana seandainya saya memaksa diri mendaki Gn. Semeru??? hohohoho....

Pengalaman mendaki dua gunung (Penanggungan dan Arjuno) benar-benar membuat saya berpikir 1000 kali melanjutkan obsesi menuju Gn. Semeru. Obsesi saya masih ada dengan target bermalam di Ranu Kumbolo. Sebuah danau yang terletak di kaki gunung Semeru. Pesonanya sungguh luar biasa. Saya jatuh cinta dengannya. Kalau di-googling, gambar tentang Ranu Kumbolo sungguh luar biasa. Apalagi beberapa teman berhasil mengabadikan tempat ini dengan kamera DSLR nya. 

untuk sementara gambar saya googling aja ya..^_^
Sudah banyak teman yang mengajak saya bermalam ditempat ini, hihihi,,,sudah banyak teman yang mengajak saya menghirup udara pagi di tanah tertinggi di Pulau Jawa ini, dan sudah banyak kali aku menolak tawaran-tawaran itu. T_T. Sediiiihh banget melewatkan kesempatan-kesempatan itu. Ditambah perjalanan teman-teman dekat yang sudah berhasil mewujudkan obsesiku *ironis!
Mengapa saya sangat terobsesi dengan Mahameru-nya Gunung Semeru??? 
Saya....ingin sekali merasakan perjalanan hati bersama rekan-rekan sahabat. Saya ingin sekali menjalin keakraban yang lebih hangat lagi bersama mereka. Saya ingin sekali merasakan berbagi supermi instant dalam satu atau dua nesting, hahaha...Saya ingin sekali berbagi ruang tidur seraya kehangatan yang menyeruak di situ. Saya ingin berbagi canda tawa, cerita konyol, curhatan tidak penting, keluh kesah di tanah paling tinggi di Pulau Jawa. Saya ingin sekali memiliki suatu pengalaman luar biasa yang saya dapat bersama mereka. Saya...ingin sekaliiiiii merasakan semua ituuuu.....Saya...ingiiiin sekali diberi kesempatan itu bersama mereka...Bukan karena gagah-gagahan dengan menunjukkan dokumentasi-dokumentasi yang ada nanti. Bukan...tapi lebih dengan bagaimana proses yang kita lewati selama pendakian, bagaimana kami mempunyai cerita luar biasa yang kelak akan kita sampaikan kepada anak cucu kita bahwa alam Indonesia sungguh Maha Indah, bahwa kita mampu menaklukan akal pikiran yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahwa alam mengajarkan kita untuk saling berbagi, bahwa apa yang diajarkan alam seolah tidak benar-benar nyata andai tidak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari atau realita hidup sebenarnya....Sebuah perjalanan hati...
Dan saya...disini masih menyimpan obsesi tersebut. Saya tau yang saya pikirkan adalah saya memang tidak mampu menggapainya (MAHAMERU) mengingat pendakian saya sebelumnya menuju Gn Penanggungan dan Gn.Arjuno...Tapi saya ingin belajar berjalan disana. Mereka bisa, mengapa saya tidak???

Karena Semeru....Sebuah perjalanan hati...
Sebuah obsesi...
Sebuah mimpi, cita-cita, dan doa....
Semoga terlaksana....AGUSTUS 2012...
Ammiiinnnn.....


Gunung Semeru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar